Apakah Yang Dimaksud Interior?

Share Post:

Apakah Yang Dimaksud Interior?

Apa Yang Dimaksud Interior? Sebuah hal yang berhubungan dengan bidang kreatif yang diterapkan ke dalam struktur bangunan beserta solusi-solusi teknis itulah yang disebut INTERIOR.

Dan segala hal yang berkaitan dengan sisi dalam ruangan dari sebuah bangunan juga diistilahkan dengan Interior. Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), interior tertuju pada bagian dalam gedung, baik ruang maupun lain sebagainya atau tatanan furnitur, contohnya hiasan di dalam ruang gedung.

Segala sesuatu bersifat fungsional di bagian sisi dalam ruangan juga termasuk interior, yang fungsinya untuk meningkatkan kualitas hidup dan budaya penghuninya, serta memberikan kesan dari segi keindahan atau estetika. Di antaranya, berhubungan dengan, ruang, alat, serta manusia sebagai pengguna. Di artikel ini kami akan membahas apa saja yang termasuk ke dalam ruang lingkup interior.

 

Apa Yang Dimaksud Interior Dan Apa Ruang Lingkup Desain Interior

Tugas dan jangkauan pekerjaan desainer interior meliputi perancangan furnitur dan aksesori ruangan lainnya, tidak hanya memilih dan mencocokannya saja seperti dekorator interior. Berikut adalah beberapa ruang lingkup pekerjaan desain interior.

  1. Mendesain dan merancang bentuk perabot furnitur dengan pertimbangan fungsi, ergonomi, style, keawetan, finishing, kestabilan struktural dalam penggunaan, memilih rel laci, engsel dan handle yang tepat, serta penentuan penggunaan bahan dan penempatan dalam ruang. Tim Amanah Multi Interior Siap Servis untuk pembuatan furniture seperti lemari dan kitchen set.
  2. Menentukan tipe dan gaya jendela atau daun penutup lain yang tepat berdasarkan pengendalian cahaya dan sinar matahari , privasi, anti api, perlengkapan akustik dan sistem pengontrolnya. Untuk point no. 2 ini Tim Amanah Multi Interior Siap Servis untuk pemasangan kusen, pintu dan jendela dengan meterial aluminium dengan banyak pilihan dan segala kelebihannya. Silakan klik: Harga pasang kusen aluminium terjangkau dari Amanah Multi Interior
  3. Memilih jenis pelapis dinding yang tepat berdasarkan aspek keindahan, keawetan, fungsi akustik, kemudahan dalam pembersihan, keamanan dari api, dan memastikan bahwa wall finishes yang digunakan tidak menimbulkan alergi atau beracun. Untuk point no. 4 ini Tim Amanah Multi Interior Siap Servis untuk pemasangan kusen, pintu dan jendela dengan meterial aluminium dengan banyak pilihan dan segala kelebihannya. Silakan klik: Harga pasang wall paper terjangkau dari Amanah Multi Interior
  4. Memilih bentuk dan metode yang tepat dalam penempatan benda seni atau dekorasi dan memastikan bahwa benda tersebut tidak akan jatuh atau melukai seseorang.
  5. Memilih jenis tanaman yang sesuai dan memastikan bahwa tanaman yang dipilih tidak memiliki bau yang kuat atau beracun yang membahayakan manusia terutama untuk anak-anak.
  6. Menggambarkan rencana ruang dan menunjukkan letak perabot yang sesuai dengan keinginan klien maupun persyaratan aksesibilitas ruang.
  7. Memilih jenis dan bentuk lampu berdasarkan fungsi dan kesan yang diinginkan, menggambarkan dan menunjukkan lokasi penempatan lampu serta pengontrolannya.
  8. Menentukan bahan, bentuk, warna dan pola lantai yang tepat berdasarkan fungsi dan kesan yang diinginkan. Unsur fungsi yang harus diperhatikan meliputi ketahanan terhadap api, kemampuan meredam suara dan keamanan (tidak licin).
apa yang dimaksud interior dan apa elemen-elemen dasar interior
contoh desain interior ruangan sempit

 

Butuh jasa cor ready mix terjangkau untuk konstruksi terbaik anda? Klik di sini: Tim ready mix Amanah Konstruksi beton terbaik anda.

 

Penjelasan Fungsi dan Tujuan Poin-poin Di Atas

Secara deduktif, poin-poin di atas juga dapat menjelaskan mengenai fungsi, tujuan dan tugas desain interior pada umumnya. Tetapi untuk melengkapi literasi tujuan tersebut, berikut adalah tujuan-tujuannya menurut Wicaksono dan Tisnawati (2014), yaitu:

  1. Memperbaiki fungsi
  2. Memperkaya nilai estetika
  3. Meningkatkan aspek psikologis dari sebuah ruangan

Kami telah menyebutkan di awal, perancangan interior meliputi bidang arsitektur yang melingkupi bagian dalam suatu bangunan. Contoh : Perancangan interior tetap, bergerak, maupun dekoratif yang bersifat sementara.

Pada pekerjaan desain dibagi menjadi 3 kelompok, yaitu:

  1. Perancangan interior tetap

desain interior, perancangannya mulai dari merencana denah existing bangunan, lay-out, floor plan, ceiling plan, potongan, aksonometri, detail, perspektif, maket, animasi, dan teknis presentasi lainnya

  1. Perancangan interior bergerak (moveable)

perancangan desain interior yang bersifat mikro, misalkan pembuatan desain furnitur, desain produk, desain landscape interior, handycraft, dll.

  1. Perancangan dekoratif

perancangan yang bersifat menghias, misalkan mendesain hiasan pesta pernikahan, mendesain pesta ulang tahun, dll.

 

Apa Yang Dimaksud Interior Dan Elemen-Elemen Desain Interior

1. Lantai

Lantai adalah batas bawah bagi interior sebuah ruang. Terbentang secara mendatar atau horizontal. Banyak treatment yang dapat diterapkan pada lantai mulai dari: jenis material, perbedaan ketinggian lantai, dan pengaplikasian bentuk

2. Dinding

Dinding merupakan elemen interior yang menyekat interior ruang. Ini merupakan bidang paling dominan dalam ruang bangunan dan membentang secara vertikal dan dapat diaplikasikan dengan berbagai jenis material finishing, material pembentuk, pencahayaan, dll.

3. Langit-Langit

Di bagian atas interior, langit-langit merupakan pembatas interior yang terbentang secara horizontal. Langit-langit dapat dimodifikasi mulai dari penggunaan jenis materialnya, perbedaan ketinggian, dan varian bentuk.

4. Elemen Estetis

Interior harus mengandung elemen estetis yang mengacu pada prinsip desain seperti proporsi, skala ruang, keseimbangan, dan kesatuan ruang. Jika memungkinkan suatu interior harus diberi benda seni yang bernilai estetis untuk memperindahnya

5. Elemen Bukaan

Yang dimaksud dengan bukaan pada elemen ruang adalah jendela, pintu, dan lubang ventilasi. Dengan perancangan bukaan yang baik, maka akan berjalan sirkulasi udara yang baik, sehingga ruangan menjadi nyaman dan sehat

6. Elemen Cahaya

Interior ruang memerlukan pencahayaan yang cukup intensitasnya. Terang di sebagian tempat, atau ada opsi pengontrol untuk meredupkannya juga. Ambience ruang akan terbentuk dengan adanya pengaplikasian pencahayaan yang baik.

Setelah mengetahui elemennya, mengetahui prinsip-prinsip dasar dalam membuat unsur interior juga akan sangat berpengaruh bagi ruang gerak kreasi kita dalam bidang ini. Prinsip-prinsip desain interior mengikuti prinsip desain seperti: Kesatuan, Keseimbangan, Kontras, dll.

Video Proyek yang Kami Kerjakan

Lokasi Kami:

Lokasi Wilayah Jabodetabek & Sekitarnya
Lokasi Wilayah Bandung Raya
Lokasi Wilayah Lampung

Stay Connected

More Updates

Kusen Aluminium

KUSEN ALUMINIUM Beranda / Produk Interior / Kusen Aluminium Previous Next Kusen Aluminium Untuk kusen aluminium kami menyediakan merek bahan : Aluminium Alexindo Aluminium YKK

Read More »

Wallpaper

WALLPAPER Beranda / Produk Interior / Wallpaper Previous Next Wallpaper Wallpaper dinding, 3D, Milenium, Vinyl, dll Harga Wallpaper Terpasang Jenis Harga/m2 Wallpaper Sale Rp 50.000

Read More »

Plafon

PLAFON Beranda / Produk Interior / Plafon Previous Next Plafon Kami menyediakan plafon dengan berbagau material, seperti : PVC Gypsum Akustik GRC dll Untuk pemasangan

Read More »

Hubungi

HUBUNGI KAMI Beranda / Kontak Info Kontak Berikur adalah informasi yang Anda butuhkan jika ingin berdiskusi dengan kami. Kami akan selalu berusaha memberikan layanan yang

Read More »
error: Content is protected !!